PRCPB Korem 033/Wira Pratama Diberangkatkan Bantu Atasi Bencana Alam di Serasan

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) Personel TNI dari Korem 033/WP yang tergabung dalam Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) telah diberangkatkan menuju lokasi bencana alam longsor di Serasan Kabupaten Natuna.

PRCPB diberangkatkan ke Serasan dari Makorem 033/WP, jalan Sei Timun, Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang, Selasa (07/03/2023) kemarin.

Kasiops Korem 033/WP, Kolonel Inf Mahmud, S.I.P., selaku pimpinan PRCPB mengatakan bahwa personel PRCPB yang diberangkatkan berjumlah 59 orang terdiri dari organik Makorem 033/WP, Satuan Detasemen Kesehatan, Peralatan, Perhubungan, Zeni Bangunan, Perbekalan dan Angkutan serta 7 orang relawan dari PLN Tanjungpinang.

“Masing-masing satuan tersebut akan mengerahkan personel dan perlengkapannya yang dapat berperan untuk berkontribusi dalam upaya membantu penanganan baik korban jiwa maupun memperbaiki sarana maupun prasarana yang vital, ” terang Kasiops.

Menurutnya, RCPB Korem 033/WP dilokasi musibah nantinya akan membuka Pos Komando Bencana Alam, menyalurkan bantuan sembako baik dari  KASAD, Kodam I/BB dan Korem 033/WP serta memberikan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak musibah serta turut bergabung dengan instansi lainnya untuk bekerjasama dalam mencari korban yang hilang dan perbaikan infrastruktur yang rusak.

Lanjut Kasiops menambahkan, bahwa untuk membantu jaringan komunikasi yang rusak akibat bencana alam, satuan Perhubungan nantinya akan menggelar jaringan komunikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan dalam proses koordinasi dengan satuan dan instansi lainnya.

“Personel yang tergabung PRCPB Korem 033/WP diberangkatkan pada pukul 15.00 WIB dari Makorem 033/WP menuju Pelabuhan Tanjung Uban dan pukul 19.00 WIB seluruh personel PRCPB beserta alat perlengkapannya menumpang Kapal Roro KM. Bahtera Nusantara 01 yang akan menempuh perjalanan selama lebih kurang 23 jam untuk tiba ke lokasi bencana alam Serasan Kabupaten Natuna,” tutupnya.

(Penrem/Red)

Komentar