Satresnarkoba Polres Bintan Sosialisasi Pemahaman Bahaya Narkoba Sebagai Duta Kampung Tangguh Bebas Narkoba

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Satuan Reserse Narkoba Polres Bintan Polda Kepri bersama dengan Dispora Kabupaten Bintan lakukan sosialisasi Pemahaman Narkoba kepada warga Khususnya Kepada para Pelajar Kecamatan Seri Koala Lobam, selain dari pelajar juga dilakukan sosialisai kepada Pemuda-Pemudi sebagai Duta Kampung Tangguh Bersih Narkoba tingkat Pelajar yang dilaksanakan di aula kantor Camat Seri Koala Lobam, Rabu (9/8/2023).

Sosialisasi Pemahaman Narkoba dipimpin oleh Kasat Resnarkoba Polres Bintan IPTU Syofian Rida, S.H., M.H. Menyampaikan materi tentang pengenalan bentuk dan jenis Narkoba serta cara pencegahan nya.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Camat Seri Koala Lobam Nona Yani M.abas Manupassa S.IP., Kabid Kepemudaan dan Olahraga Rijwan Rio Bara, S.STp. MSi, Analisis Kebijakan Muda Dewi Masita, S.Sos, serta perwakilan Pelajar dan pemuda pemudi Desa Seri Koala Lobam.

Camat Seri Koala Lobam Nona Yani M.abas Manupassa S.IP. menuturkan bahwa Kampung tangguh bebas Narkoba dibentuk dalam rangka pencegahan dan penanganan bahaya penyalah gunaan Narkoba, kemudian Tim di tingkat desa ini yang sudah dibentuk agar bekerjasama dengan Reserse Narkoba Polres Bintan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan karena sebagai pembina dalam pelaksanaan kegiatan

Selanjutnya, Camat Seri Koala Lobam meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Seri Koala Lobam agar mendukung kegiatan kampung tangguh bebas narkoba dan berharap Seluruh desa yang ada di Kecamatan Seri Kuala Lobam bebas dari Narkoba.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M menjelaskan melalui Kasatres Narkoba bahwa untuk terbebas dari Narkoba diawali dari diri sendiri, selanjutnya lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

“Untuk terbebas dari Narkoba harus dimulai dari diri sendiri yaitu dengan niat yang tulus dan tekat yang kuat, setelah mempunyai tekat yang kuat agar tidak terjerumus dalam jaringan Narkoba barulah, juga dipengaruhi dari lingkup keluarga selanjutnya lingkungan pergaulannya sehari-hari,” ungkapnya.

Selain itu, IPTU Syofian Rida, S.H., M.H. juga menghimbau kepada orang tua untuk selalu memantau dan memperhatikan kepada anaknya, jika ada tingkah laku yang mulai tidak seperti biasanya sesegera mungkin di komunikasan dengan anaknya.

“Peran orang tua kunci suksesnya pengaruh Narkoba terhadap anaknya, jadi selalu jalin komunikasi dan peduli dengan anak jika mulai ada indikasi atau tingkah laku yang tidak seperti biasa dilakukan si anak segera di komunikan,” ujarnya.

Diakhir, “Tim Kampung Tangguh Bebas Narkoba Seri Koala Lobam yang telah dibentuk agar berkerjasama dengan pihak Kepolisian khususnya Satuan Reserse Narkoba Polres Bintan guna mewujudkan program Kampung Tangguh bebas Narkoba tingkat Pelajar Sekabupaten Bintan,” ujar Camat Seri Koala Lobam Nona Yani M.abas Manupassa S.IP.

(Redaksi)

Komentar