Media Center KTT ke-43 ASEAN Beri Dampak Positif Tata Kelola Komunikasi

Penulis :
Kanal : Jakarta116 Dilihat

Jurnalutama.com {Jakarta} – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memuji Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang dikatakannya mampu memberikan dampak positif terkait pengelolaan komunikasi publik di event internasional.

Fasilitas yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, tersebut menurutnya sangat lengkap dan memadai untuk menunjang kinerja media dan jurnalis peliput dari dalam maupun luar negeri.

“Dengan media center yang luar biasa ini, kayaknya lebih hebat dari G20 kemarin. Ini lebih bagus, lebih besar, dan terintegrasi. Mudah-mudahan nanti berita yang secara substantif yang berjalan sekarang ini di setiap ruangan, baik pertemuan bilateral antarkepala negara atau dengan yang lain, nantinya bisa terinformasi dengan cepat ya,” kata Moeldoko saat meninjau langsung bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi ke Media Center KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (05/09/2023).

Moeldoko berharap, hadirnya media center yang lengkap, media dan jurnalis bisa memberikan informasi secara luas, cepat dan akurat terkait gelaran internasional KTT ke-43 bagi masyarakat Indonesia maupun global.

Dalam kegiatan kunjungan itu, hadir pula Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong.

Sebelumnya, Usman Kansong menyatakan bahwa berbagai fasilitas tersedia di Media Center seperti perangkat komputer termasuk jaringan internet, makanan dan minuman hingga berbagai pelayanan lainnya seperti medis dan kursi pijat. Semuanya gratis.

Ruangan dengan daya tampung mencapai 2500 orang itu menyesuaikan jumlah jurnalis terdaftar sebanyak 1.300 orang dengan tambahan official media yang mengikuti delegasi KTT Ke-43 ASEAN.

“Official media itu yang dibawa oleh kepala negara dan OTP beragam. Kami mendengar kabar seperti Korea Selatan akan membawa 80 wartawan, kemudian Tiongkok 100 orang. Amerika kurang lebih seperti itu. Akan ada penambahan kurang lebih 1.500 sampai 2.000 wartawan yang akan datang meliput KTT ASEAN,” jelasnya.

Usman Kansong pun menyatakan Media Center juga dilengkapi dengan fasilitas internet berkecepatan tinggi untuk menunjang kerja jurnalis selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung.

“Dari sisi bandwith kapasitasnya 10 Gbps itu sudah cukup. Jika nanti terjadi traffic yang besar Telkom akan menambah lagi. Kita sudah siapkan mitigasi sehingga teman-teman (jurnalis) nyaman dalam bekerja, menulis, mengirim gambar, mengirim tulisan ke media masing-masing,” kata dia.(***)

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

Komentar