TP2DD Kepri Masuk 3 Terbaik Tingkat Provinsi Wilayah Sumatera

Penulis :
Kanal : Jakarta232 Dilihat

Jurnalutama.com {Jakarta} – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Kepulauan Riau sukses masuk 3 terbaik se-wilayah Sumatera pada Kategori TP2DD Terbaik Tingkat Provinsi. Penganugerahan tersebut disejalankan dengan Rakornas P2DD Tahun 2023, yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (03/10/2023).

Pada saat penerimaan penghargaan, hadir langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara yang mewakili Gubernur Ansar Ahmad.

Penghargaan juga diberikan kepada Program Unggulan Terbaik kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang dibagi menjadi per wilayah. Adapun pembagiannya meliputi wilayah Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusampua (Nusa Tenggara, Maluku dan Papua), serta Bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) terbaik.

Rakornas P2DD dihadiri secara langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartanto, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta seluruh Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia.

Adapun tema yang diangkat pada Rakornas P2DD Tahun 2023 ini adalah “Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju”.

Dalam sambutan yang disampaikan Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto yang juga selaku Ketua Satgas P2DD, tujuan dari Rakornas ini adalah untuk mensinergikan kebijakan kementerian dan lembaga dengan pemerintah daerah, terhadap layanan digital yang telah diatur.

“Setiap kebijakan yang telah diatur oleh Pemerintah Pusat dalam hal P2DD ini, harus dijalankan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, semua ini demi kemajuan Negara Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi setiap daerah yang saat ini telah meningkatkan perluasan P2DD di wilayahnya.

“Saya beri apresiasi kepada seluruh daerah yang saat ini, telah meningkatkan perluasan P2DD pada setiap daerah. Untuk itu teruslah bersinergi dengan seluruh pihak untuk menyediakan layanan pajak dan retribusi daerah secara digital,” ucapnya.

Rakornas P2DD ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam upaya mempercepat digitalisasi daerah di seluruh Indonesia khususnya daerah kepulauan yang punya tantangan tersendiri, dengan kolaborasi aktif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan semua pihak terkait.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah pusat yang sudah memberikan perhatian yang luar biasa terhadap daerah, termasuk Provinsi Kepri.

“Sebagaimana kita ketahui bersama Provinsi Kepri merupakan provinsi kepulauan sehingga tantangan dan kebutuhan  proses digitalisasi begitu penting dalam upaya peningkatan Kerja di lingkungan provinsi Kepri terhadap semua OPD” ucapnya.

Ia mengatakan TP2DD tingkat Provinsi Kepri bertugas untuk memastikan pelaksanaan program dan kegiatan yang berada di wilayah provinsi Kepri bisa terus sejalan dengan arahan pemerintah pusat.

“Termasuk Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang mencakup penyiapan kebutuhan infrastruktur digital dan SDM digital sebagai pengelolanya” tutup Adi. (**)

Komentar