Ada Apa, Seleksi Calon Dirut PDAM Tirta Kepri 2024-2028 Terkesan Tertutup

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Tanjungpinang260 Dilihat

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Seleksi calon Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri masa jabatan 2024-2028 yang telah dibuka oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau saat ini terkesan diam-diam alias tidak transparan, hal itu terlihat sampai detik ini, pihak Panitia Seleksi tidak juga mengumumkan siapa-siapa saja calon yang mendaftar.

Berdasarkan jadwal yang tertera pada Surat pengumuman Nomor : 06/PANSEL/2023, yang ditandatangani oleh Sekda Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara selaku Ketua Tim Seleksi disebutkan bahwa Jadwal Seleksi Calon Direktur PDAM Tirta Kepri, bahwa pada hari ini, Selasa 21 November 2023 adalah jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, namun belum diketahui juga siapa-siapa calon yang mendaftar.

Bukan itu saja dinilai dugaan kejanggalan, berdasarkan informasi yang didapat dari tim media ini, dari awal informasi pengumuman terkait Pembukaan pendaftaran seleksi calon Direktur PDAM Tirta Kepri masa jabatan 2024-2028 juga dinilai tidak transparan, baik itu pengumumam melalui media maupun web site resmi.

“Iya, kami pun heran, dari awal informasi pengumuman terkait Pembukaan pendaftaran seleksi calon Direktur PDAM Tirta Kepri masa jabatan 2024-2028 ini, kami pun mendapat informasi yang disebar melalui grup-grup whatsApp saja,” ujar salah satu pegawai PDAM Tirta Kepri yang enggan disebutkan namanya.

Bahkan, lanjut dia, ada informasi yang didapatnya, adanya indikasi atau dugaan untuk mengkondisikan orang tertentu untuk menjadi Dirut PDAM dan itu sudah menjadi isu yang sentral di dalam tubuh PDAM Tirta Kepri, makanya pengumuman terkesan tertutup atau diduga sengaja ditutup-tutupi, agar tidak diketahui publik.

“Kalau kami, hanya mau, penerimaan seleksi PDAM Tirta Kepri ini berlangsung fair saja, terbuka dan transparan, sehingga masyarakat bisa menilai siapa-siapa calon yang mendaftar, apakah layak atau tidak, bukan terkesan tertutup seperti saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu tim seleksi pada Sekretariat Panitia Seleksi Pemilihan Direktur Perumda Air Minum Tirta Kepri, pada Biro Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Slamet Budi Utomo yang dikonfirmasi media ini terkait nama-nama calon dirut PDAM yang sudah mendaftar dan dari kalangan mana saja, dan dimana diumumkan pengumuman calon seleksi dirut PDAM yang mendaftar, dan mengapa belum juga diumkan nama-nama calon yang mendaftar. Slamet Budi Utomo hanya menjawab kalau dirinya lagi sibuk, dan akan menanggapi nantinya.

“Baik ibu, sekarang saya lagi sibuk, nanti saya tanggapi,” tulisnya menjawab pesan, Selasa (21/11/2023).

“Ada 8 orang yang mendaftar dan yg memenuhi syarat lulus seleksi adm 3 orang, Seleksi diinfokan di web yg kepri.go.id dan surat kabar (batam pos)
Pengumuman jg melalui media yg sama,” sambungnya selang beberapa waktu. (Ratih)

Komentar