Bupati Natuna Perjuangkan Rumah Singgah di Kota Batam ada Transportasi Mobil Ambulance 

Penulis :
Kanal : Natuna162 Dilihat

Jurnalutama.com (Natuna)-Mobil ambulance merupakan transportasi darat untuk mengangkut pasien yang sedang sakit serta memberikan bantuan pertolongan pertama pada pasien.

Selama dalam perjalanan untuk menuju ke rumah sakit terdekat maupun terjauh dari tempat pasien tinggal.

Pelayanan mobil ambulance merupakan pelayanan transportasi pasien rujukan dengan kondisi tertentu antar fasilitas kesehatan yang disertai dengan upaya atau kegiatan untuk menjaga kestabilan.

Dengan menjaga kondisi pasien untuk kepentingan keselamatan pasien, manfaat non medis meliputi manfaat akomodasi dan mobil ambulance.

Mobil ambulance berfungsi sebagai sarana evakuasi medik yang merupakan bagian dari pelayanan kesehatan dengan melalui Sistem Penanggulan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Layanan mobil ambulance juga sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan dan untuk masyarakat yang sedang sakit ringan atau yang sedang sakit parah.

Mengenai mobil ambulance Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Natuna, sudah berupaya untuk memberikan transportasi pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat baik itu di dalam daerah maupun di luar daerah.

Transportasi mobil ambulance sangat di butuhkan oleh masyarakat natuna di luar daerah ketika ada pasien dari natuna di rujuk ke rumah sakit Kota Batam.

Maka mobil ambulance tersebut siap untuk mengantar seluruh masyakarat natuna yang sedang keadaan sakit agar dapat dengan muda untuk menuju ke rumah sakit yang sudah di tentukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

Dalam hal tersebut Bupati Natuna, Wan Siswandi mengatakan bahwa ada sekitar delapan (8) unit mobil ambulance yang akan dibagikan ke setiap 7 kecamatan yang berada di wilayah natuna.

Saat di konfirmasi oleh media ini di rumah pribadinya. Jl. Pramuka Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Minggu 02/06/2024.

“Dari delapan unit mobil ambulance tesebut satu unit mobilnya sudah di kirim ke rumah singgah yang berada di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.,”Tegas Wan Siswandi.

“Karena di rumah singgah tersebut juga butuh satu unit mobil ambulance agar masyarakat natuna yang sedang sakit di luar daerah dapat menggunakan mobil tersebut, untuk di antar ke rumah sakit.,”Papar Wan Siswandi.

Lanjut Wan Siswandi juga mengatakan bahwa saya selaku pemimpin tertinggi di daerah harus memperhatikan kesehatan masyarakat yang sedang sakit dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik di luar daerah maupun di dalam daerah sendiri.

“Dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Natuna, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Natuna dapat membeli 2 unit mobil ambulance tersebut.,”Papar Wan Siswandi.

“Sedangkan 6 unit mobil yang lainnya di dapatkan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dari hasil usulan Pemda Natuna pada tahun 2023 yang lalu.,”Tegas Wan Siswandi.

Kalau di anggarkan melalui APBD maka tidak bisa terpenuhi, karena anggaran APBD Kabupaten Natuna hanya terbatas.

“Maka dari itu lah saya bersama Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menjolok ke Kemenkes RI, agar pelayanan kesehatan di Kabupaten Natuna dapat merata di setiap kecamatan .,”Tutup Wan Siswandi. 

(Ilham)

Komentar