Ini Kata Sekda: Bupati dan Wakil Bupati Natuna Secara Pribadi Sumbang Hewan Korban 

Penulis :
Kanal : Natuna295 Dilihat

Jurnalutama.com (Natuna)-Idul Adha atau lebaran kurban diperingati setiap pada tanggal 10 Zulhijah, salah satu tradisi lebaran Idul Adha adalah menyajikan hidangan atau makanan khas berbahan dasar daging karena bertepatan dengan penyembelihan hewan kurban.

Idul Adha adalah sebuah hari raya dalam agama Islam di dalam memperingati peristiwa kurban, ketika  Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhannya terhadap Allah SWT.

Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah sudah menggantikan Ismail dengan hewan lain seperti domba.

Idul Adha juga dikenal sebagai Lebaran Haji karena pelaksanaannya bertepatan dengan ibadah Haji di tanah Suci Makkah.

Tak hanya itu, Idul Adha juga merupakan salah satu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Kurban merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang artinya pendekatan. Secara istilah, kurban adalah penyembelihan hewan ternak dalam rangka pendekatan diri kepada Allah.

Dalam hal tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Boy Wijanarko Varianto mengatakan dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 17 juni 2024.

Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Natuna juga berpartisipasi untuk memberikan hewan korban ke Masjid-Masjid, agar hewan korban tersebut dapat dirasakan oleh  masyarakat setempat.

Saat di wawancarai oleh media ini di ruang kerjanya. Lantai ll. Kantor Bupati Natuna. Jl. Batu Sisir Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Jum’at 14/06/2024. Pukul 15.05. Soreh.

“Namun sampai saat ini pihak yang mendata untuk hewan korban masih merincikan untuk jumlah hewan korban dari OPD Natuna yang akan ingin menyumbangkan sedikit rezekinya, kepada masyarakat untuk mendapatkan daging hewan korban di tahun 2024 .”Ungkap Boy Wijanarko.

“Saya pribadi sendiri juga ikut serta dalam dan menyumbangkan hewan korban ke panitia yang akan nantinya, hewan tersebut di potong dan di bagikan ke masyarakat.,”Ungkap Boy Wijanarko.

Lanjut Boy Wijanarko juga mengatakan Kurban artinya menyembelih hewan tertentu pada Hari Raya Idul Adha sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

“Hikmah menyembelih hewan kurban sangat istimewa dan luar biasa baik dari segi syariat maupun segi kemanusiaan.” Papar Boy.

“Ibadah kurban bisa menjadi salah satu sarana pendidikan untuk kita semua agar tidak lupa bersedekah di jalan Allah SWT.,”Tutup Boy.

(Ilham)

Komentar