Rakor Kesiapan NATARU 2024 di Wilayah Terminal Penumpang Sri Bintang Pura Tanjungpinang

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Tanjungpinang60 Dilihat

JurnalUtama.com (Tanjungpinang) –  Menindaklanjuti instruksi Direktur Jendral Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 6 Tahun 2023 Kementrian Perhubungan RI, tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun baru 2024, Ridwan Chaniago selalu Kepala Kantor KSOP Kelas II Pelabuhan Kijang Bersama Darwis, GM PELINDO Regional 1 Cabang Tanjungpinang, mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan NATARU 2023-2024 Di Ruang Rapat kantor KSOP Kelas II Pelabuhan Tanjungpinang Bersama Seluruh Stake Holder Maritim yang ada di wilayah Pelabuhan Tanjungpinang (Terminal Penumpang Sri Bintan Pura) dan Pemerintah Daerah, Rabu, (12/12/2023).

Rakor dibuka langsung oleh Ridwan Chaniago Kepala KSOP Kijang diwakilkan Oleh Capt Imran bersama Junaidi KADISHUB Propinsi Kepri didampingi Darwis GM PELINDO Tanjungpinang diwakilkan Oleh Christoper Columbus Purba.

KSOP kijang mengharapkan dalam menjaga POSKO Nataru 2023-2024 secara optimal , sinergi pelayanan di lapangan dalam pelayanan Embarkasi dan Debarkasi Penumpang, antisaspasi Perubahan cuaca, sinergi terpadu , serta Pemanfaatan Kapal Negara untuk situasi tanggap darurat, periode Nataru 2023-2024 mulai dari tanggal 18 Desember 2023 s.d 08 Januari 2024, dan selain itu Monitoring terkait Persiapan Rencana E-ticketing Di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Imran juga menjelaskan beberapa titik Posko Nataru selain yang ada di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Dikesempatan yang sama, Junaidi KADISHUB Propinsi KEPRI meminta informasi peningkatan Covid -19 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpinang. Sebagai antisipasi menginformasikan ponton yang digunakan di pelabuhan Punggur Batam hanya satu.

Disesi berikutnya, Karim Sekretaris INSA (Indonesia Shipping Association) Tanjungpinang menyampaikan bahwasanya tidak bisa menambahkan Armada Kapal dikarenakan BBM (Subsidi) tidak ada, dan juga dikarenakan jika tidak terdaftar di BPH migas, perusahaan mesti mengeluarkan biaya BBM Non subsidi yang langsung ditanggapi oleh KADISHUB KEPRI

“Nantinya kita bersama bersurat ke BPH migas, agar mendapatkan tambahan kuota BBM,” terang Junaidi.

Lebih lanjut, Kepala Kepolisian Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura, AKP Julius Marulitua Silaen menyampaikan konsen terhadap rencana uji coba untuk trestle yang akan digunakan untuk antisipasi parkir di area pelabuhan Sri Bintan Pura.

“Terkait Covid 19, alangkah baiknya kantor Kesehatan Pelabuhan membuat sosialisasi dan Screening terhadap penumpang di area pelabuhan,” ungkapnya.

Kantor Kesehatan Pelabuhan, Amelia Retno juga menyampaikan berkaitan dengan klinik di dalam pelabuhan atau di Posko Nataru Pelabuhan Sri Bintan Pura sebagai Tempat Screening dan selalu berkoordinasi ke pusat terkait penyebaran Virus C-19.

Acara Rakor ini dihadiri juga Akmal dari perwakilan Jasa Raharja, Balai Karantina, Lanal Bintan, Lanudal, Imigrasi Tanjungpinang dan Bea Cukai serta Insan Maritim Lainnya. Pada kesimpulannya semua siap mendukung dan siap berkoordinasi serta berkolaborasi menciptakan angkutan NATARU 2023-2024 di wilayah Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, aman lancar dan selamat.

Dikesempatan yang berbeda, Darwis selaku GM PELINDO Regional 1 Cabang Tanjungpinang mengucapkan terimakasih, pelaksanaan Rakor NATARU 2023-2024 telah dilaksanakan di Kantor KSOP Tanjungpinang.

“Terkait sarana prasarana di terminal penumpang, baik kesiapan terminal, air bersih, dermaga dan kelancaran arus penumpang dan yang terpenting Koordinasi serta kolaborasi yang terukur sangat diperlukan dari semua kalangan,” terangnya.

“Dalam NATARU 2023-2024, kami management PELINDO selalu siap dan selalu mendukung, semoga angkutan NATARU 2023-2024 Ini, khususnya di Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, semoga lancar dan aman,” tutup GM Pelindo ini.

(Redaksi)

Komentar