Sebanyak 1700 Warga Kelurahan Tanjung Uma Batam Terima Bantuan Beras Masing-Masing 10 Kg

Penulis :
Kanal : Batam, Kepulauan Riau151 Dilihat

Jurnalutama.com {Batam} – Gubernur Kepri Ansar Ahmad kembali menyerahkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CPP) Tahap II Bulan November Tahun 2023 untuk Kota Batam. Kali ini bantuan diberikan untuk 1700 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam, Jum’ at (10/11/2023).

Penyerahan bantuan beras dilakukan secara simbolis, langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad kepada perwakilan warga Tanjung Uma. Dimana selanjutnya, warga yang telah menerima kupon, bisa langsung menukarkan kepada pantia, dalam hal ini Bulog Kota Batam selaku penyedia bantuan beras.

Menurut Gubernur Ansar, bantuan pangan ini sendiri, adalah kebijakan dari Presiden Joko Widodo, untuk membantu masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok khususnya beras. Apalagi saat ini, kita masih dalam tahap pemulihan economi, pasca hampir 2 tahun lebih, dilanda  pandemi covid-19.

“Provinsi Kepri sendiri mendapatkan kurang lebih  2.111.520 kg beras pada tahun ini, yang akan diberikan kepada 70. 384 KK  diseluruh kabupaten dan kota se- Kepulauan Riau. Dimana yang terbanyak menerima adalah Kota Batam. Dengan jumlah penerima,  kurang lebih  32.533 KK” jelas Gubernur Ansar.

Tak lupa Gubernur Ansar juga menyampaikan hasil pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri. Salah satunya keberadaan rumah singgah baik di Jakarta atau Kota Batam. Dimana keberadaannya, telah dimanfaatkan oleh masyarakat yang tengah menjalani pengobatan.

Juga ada bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM dengan bunga nol persen. Dimana platform pinjaman bisa mencapai Rp 20 juta yang kita sediakan bagi 2000 pelaku UMKM. Ada juga  program pemberian bea siswa dan juga bantuan transportasi bagi anak anak sekolah dari hinterland.

“Pun juga dengan program lain yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri, dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Ada juga program pemberian bantuan bea siswa bagi mahasiswa, bantuan peningkatan jenjang pendidikan bagi guru dan tenaga kependidikan. Termasuk bantuan transportasi bagi anak – anak pulau, yang kita berikan bagi seluruh anak – anak di Kepri. Tak lupa program sertifikat bagi warga yang selama ini tinggal di pesisir laut, hingga bantuan asuransi bagi nelayan yang memiliki kapal di bawah 5 GT, ” tutupnya.

Penyaluran bantuan pangan pemerintah kali ini,  merupakan kegiatan kolaborasi  lintas sektor. Dimana Bulog menyediaan beras, Kantor Pos bagian transportasi, dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama tujuh kabupaten/kota melakukan monitoring dan pengawasan. (**)

Komentar