Sorgum Andalan Bintan, Roby : Saya Ingin Duduk Dengan Petani

Jurnalutama.com (Bintan) – Sorgum yang semakin dikenal dan berkembang di Kabupaten Bintan sejak beberapa tahun lalu kini semakin diperjelas arah dan tujuannya. Bupati Bintan Roby Kurniawan bahkan tegas mengatakan dirinya ingin duduk bersama para petani dan mendengarkan langsung seperti apa kondisi maupun harapan untuk selanjutnya diimplementasikan dalam bentuk kebijakan.

“Begini saja, Saya lebih ingin duduk bersama. Kita diskusi bersama, putuskan bersama. Yang penting kita komitmen. Karena kalau bisa biarlah sekali saja dibantu, didampingi betul-betul, nanti bisa dilepas setelah mandiri, ” kata Roby saat melakukan diskusi bersama Tim OVOC (One Village One CEO) Institut Pertanian Bogor di Desa Lancang Kuning, Senin (13/12/22).

Sementara itu, Obrolan seputar sorgum tersebut melahirkan beberapa gambaran serta gagasan untuk perkembangan sorgum ke depannya.

“Bahkan setelah petani kita mandiri, kalau masih butuh pendampingan kita gerakkan BUMDes yang ada, biar hasilnya juga mendongkrak PADes, ” tambah Roby.

Tim OVOC IPB telah lebih sebulan melakukan pendampingan sekaligus riset lapangan. Hal yang difokuskan pada komoditi sorgum mulai dari penanaman, olahan produk yang dapat dihasilkan hingga pemasaran.

Kegiatan ini juga dihadiri Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, Kadis Ketahanan Pangan Bintan serta beberapa OPD lainnya ini melibatkan beberapa petani milenial sebagai tonggak kemajuan pertanian dan perkebunan. Dari sini juga direncanakan nantinya akan dipetakan kebutuhan pertanian untuk dimasukkan dalam prioritas kebijakan.

(MCB/Red)

Comment