Dewi Ansar Bersama Ribuan Masyarakat Tanjungpinang Ikut Senam Sehat dan Bakti Sosial

Penulis :
Kanal : Olahraga, Tanjungpinang511 Dilihat

Jurnalutama.com {Tanjungpinang} – Sempena peringatan Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Riau, Pemprov Kepri menggelar senam sehat dan bakti sosial di Halaman Gedung Daerah, Sabtu (23/09/2023) pagi. Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar hadir langsung mengikuti  kegiatan yang juga disejalankan dengan Hari Olahraga Nasional ke-40 dan Hari Maritim Nasional ke-59 Tahun 2023 ini.

Selain Senam Sehat dan Baksos, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Screening IVA, Pap Smear dan Sadanis Gratis, serta Pemberian Sembako. Dilakukan juga Perlombaan Masak menggunakan bahan baku ikan dan Seminar tentang Kanker dan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan).

Ribuan masyarakat berkumpul untuk berpartisipasi dalam kegiatan Senam Sehat dan Bakti Sosial yang diikuti oleh seluruh Organisasi Wanita se-Provnsi Kepri dan Siswa/Siswi dari SMA/SMK/MA se-Kota Tanjungpinang.

Hawa sejuk pagi tak menghalangi kegiatan yang memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Alhasil, aksi itu pun mendapat sambutan hangat masyarakat yang tengah beraktivitas di kawasan tepi laut, Tanjungpinang.

Dalam kesempatan ini, Dewi Ansar mengucapkan selamat memperingati Hari Jadi Provinsi Kepri ke-21, Hari Olahraga Nasional ke-40 dan Hari Maritim Nasional ke-59. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan yang telah diselenggarakan ini.

“Terimakasih juga kepada masyarakat yang hadir serta turut berpartisipasi dalam kegiatan yang memberi dampak positif ini, semoga semua rangkaian acara hari ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar sebagaimana yang kita harapkan bersama,” kata Dewi Ansar.

Dewi Ansar mengajak masyarakat Kepri untuk memanfaatkan waktu liburnya dengan rutin berolahraga guna menjaga kondisi tubuh dengan pola hidup sehat. Ia ingin masyarakat Kepri khususnya masyarakat Tanjungpinang terutama bagi generasi millenial untuk terus berolahraga minimal seminggu sekali.

“Olahraga itu banyak manfaat yang diperoleh. Harapan saya dengan diadakannya senam sehat ini, masyarakat Kepri khususnya masyarakat Tanjungpinang sadar akan pentingnya meluangkan waktu untuk berolahraga demi kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh,” ungkapnya.

Dewi Ansar juga menjelaskan bahwa kesehatan tubuh dan kebugaran jasmani menjadi hal mutlak jika ingin mendapatkan kualitas hidup yang baik. Masyarakat Milenial saat ini harus paham betul dalam menjaga kesehatannya sendiri.

“Olahraga itu sangat penting untuk kebutuhan jasmani kita yang sinkron terhadap rohani kita. Dengan banyaknya kaum Milenial yang sehat dan kuat, maka kedepannya bisa menjadi peran penting dalam menopang pelaku pembangunan di setiap daerah,” harapnya.

Dewi Ansar menghimbau kepada masyarakat yang hadir, untuk mengunjungi dan memeriksakan kesehatannya dalam berbagai pemeriksaan kesehatan gratis yang sudah disediakan oleh panitia acara dan bagi yang mau mendonorkan darahnya silahkan untuk mendonorkan darahnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Silakan Bapak/Ibu dan Anak-anak sekalian untuk mengunjungi stan-stan yang disediakan oleh para panitia acara sebagai upaya promotif, preventif dan membudayakan masyarakat dengan pola hidup sehat dan sebagai upaya pencegahan kanker,” imbuhnya.

Mengenai Lomba Memasak dari Bahan Baku Ikan yang diikuti 20 peserta perwakilan dari Organisasi Wanita se-Provnsi Kepri ini, Dewi Ansar menyampaikan bahwa TP-PKK Kepri bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, PERWOSI, YKI KEPRI dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) guna menyelenggarakan lomba masak dari Bahan Baku Ikan ini.

Hal ini, sebagai implementasi dari Pokja 3 PKK Provinsi Kepri yang memiliki misi yaitu ‘Menciptakan Ketahanan Keluarga melalui Peningkatan Keterampilan dalam Pengelolaan Sandang, Pangan dan Rumah Tangga yang Sehat dan Layak’.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya penyemangat bagi kita bersama untuk memelihara kesehatan melalui pola makan sehat. Saya juga berharap melalui kegiatan ini derajat kesehatan masyarakat Kepri khususnya masyarakat Tanjungpinang dapat semakin meningkat melalui pola makan sehat,” harapnya

Rangkaian acara ini ditutup dengan, Seminar yang bertemakan ‘Masyarakat Gerakan Konsumsi Makan Ikan (Gemarikan). Seminar ini mengundang 2 Narasumber dari Kepala Biro Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI Andreas D Patria dan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (PDSPKP KKP) RI Budi Sulistyo. Dan yang menjadi Moderator ialah T. Ersti Yulika Sari dari Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kepri, Rektor UMRAH Agung Dhamar Syakti, para Kepala OPD Kepri, para Ketua Organisasi se-Kepri dan para Ketua Organisasi Wanita se-Kepri. (Red)

Komentar