Diskominfo dan Barenlitbang Kepri Terima Penghargaan BPS Award 2023

Penulis :
Kanal : Tanjungpinang250 Dilihat

Jurnalutama.com {Tanjungpinang} – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Provinsi Kepulauan Riau menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri dalam penganugerahan BPS Award di TCC Aston Tanjungpinang, Senin (25/09/2023).

Diskominfo dan Barenlitbang Kepri menerima penghargaan atas partisipasinya sebagai Mitra Statistik Penyedia Data di Lingkungan BPS Provinsi Kepulauan Riau pada kategori Mitra Pemerintah Daerah / Dinas. Diskominfo sebagai Walidata dan Barenlitbang sebagai koordinator Satu Data Indonesia (SDI) dinilai sukses menjadi mitra BPS Kepri dalam menyediakan data-data sebagai modal pembangunan Provinsi Kepri.

Diskominfo Kepri sendiri dipilih oleh 5 dari 7 BPS Kabupaten/Kota (Karimun, Natuna, Anambas, Tanjungpinang, dan Batam) sebagai mitra Pemda yang senantiasa membantu BPS Kepulauan Riau dengan cepat dan tanggap, paling banyak dikunjungi, paling banyak diambil datanya, serta dianggap paling responsif.

Selain kategori Pemda/Dinas, pada kategori Mitra Statistik Penyedia Data Kementerian/Lembaga/Instansi diraih BP Batam dan BMKG, sementara itu pada kategori Perusahaan diraih PT. Citra Seraya. Kemudian terdapat juga penghargaaan Mitra Pendataan dengan kategori Mitra Loyal, Mitra Favorit, dan Mitra Adaptif.

Kepala Diskominfo Kepri yang saat itu diwakili Sekretaris Dinas James Simon Pattikawa mengatakan penghargaan yang diterima ini adalah hasil kolaborasi tim dan mitra yang bekerja sama dalam menyediakan data valid di Kepri.

“Diskominfo bisa menerima penghargaaan ini adalah berkat tim dan mitra yang bekerja bersama-sama, yaitu BPS sebagai pembina data, Bapeda/Barenlitbang sebagai koordinator SDI, dan seluruh OPD yang juga sebagai Produsen Data” ujarnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan amanah Perpres Nomor 39 tahun 2019, Pemprov Kepri menyadari bahwa pentingnya data untuk pembangunan di Provinsi Kepri, tanpa data yang valid atau akurat maka akan salah dalam membuat keputusan ataupun kebijakan yang akan diambil oleh stakeholder.

“Untuk itu kami mulai membenahi diri bersama-sama tim untuk menata data di Provinsi Kepri guna memenuhi prinsip Satu Data Indonesia sesuai dengan standar data statistik nasional” ungkap James.

James mengungkapkan, Pemprov Kepri akan membangun portal satu data Provinsi Kepri agar data yang sudah dihasilkan oleh produsen data dapat dibagipakaikan, dan dimanfaatkan kepada publik.

“Kami sebagai walidata berterima kasih kepada BPS selain pembina data juga mitra kami dalam membangun satu data provinsi Kepri guna Kepri yang lebih baik lagi. Besar harapan kami agar kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut untuk mendorong pusat data kepri” tutupnya.

Acara BPS Award disejalankan dengan Forum Group Discussion PMTB dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 26 September 2023. Sesuai tema HSN 2023 yaitu “Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju”, maka tema yang diambil pada HSN tingkat Provinsi Kepri adalah “Statistik Berkualitas Untuk Provinsi Kepulauan Riau Maju”.

Acara dihadiri oleh Kepala Barenlitbang Kepri Misni yang juga mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebagai Keynote Speaker dalam FGD, Kepala BPS Kepri Darwis Sitorus, Kepala BPS Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri, Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Kepri Dwi Anggraini, serta para Pimpinan Dinas/Instansi undangan. (Red)

Komentar