Makin Lengkap, Bank Mandiri dan Mitra Kasih Perkasa Implementasi E-Ticketing Ferry Penumpang di Kepulauan Riau

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Tanjungpinang213 Dilihat

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) –  Bank Mandiri berkomitmen untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi Urban Lokomotif lewat transformasi layanan digital banking. Kali ini bank berlogo pita emas ini bekerjasama dengan Mitra Kasih Perkasa perusahaan e-ticketing dan e-payment system solution di Indonesia memfasilitasi pembelian tiket secara online (e-ticketing) dan cashless payment tiket ferry penumpang di Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (08/12/2023).

Sosialisasi E-Ticketing Ferry Penumpang Pelindo Tanjungpinang

Setelah sukses mengimplementasi pembelian tiket secara online (e-ticketing) dan cashless payment tiket ferry penumpang di Pelabuhan Kota Batam dilanjutkan penerapan e-ticketing ini di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang atas inisiasi dari Pelindo Indonesia dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Agus Kurniawan selaku Vice President Bank Mandiri Kepri mengatakan inovasi ini sejalan dengan strategi bisnis Bank Mandiri untuk menghadirkan solusi kebutuhan finansial khususnya masyarakat perkotaan.

Ia berharap layanan teranyar ini akan mempermudah nasabah Bank Mandiri dalam merencanakan perjalanan antara pulau di Kepulauan Riau dan Riau Daratan serta perjalanan ke luar negeri dengan mudah, cepat, aman dan nyaman.

“Bank Mandiri terus melakukan pengembangan untuk menjadi urban locomotive dan masuk ke lingkaran ekosistem masyarakat perkotaan yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi pembayaran masyarakat sehari-sehari, salah satunya pembelian tiket ferry penumpang,” ujar Agus.

Agus Kurniawan juga menyampaikan e-ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang ini kedepannya juga akan didorong untuk pembayaran masyarakat secara non tunai (cashless payment) yang sejalan dengan Peraturan Bank Indonesia tentang implementasi standart nasional Quick Response (QRIS) untuk Pembayaran serta didukung Surat Edaran Gubernur Kepri tentang penerapan e-ticketing kapal penumpang di Pelabuhan.

Selain itu kedepannya akan didorong kerjasama tiket ferry penumpang domestik dan internasional di Kepulauan Riau ini dapat dibeli di fitur Livin Sukha di aplikasi superapp Livin by Mandiri. Adapun sejak pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2022 hingga Agustus 2023, terjadi peningkatan frekuensi transaksi nasabah di Livin’ Sukha sebesar 123% dengan pertumbuhan volume transaksi 57% year on year.

Keunggulan layanan Livin’ Sukha ini turut mendorong pertumbuhan transaksi digital yang berhasil diproses melalui Livin’ by Mandiri. Hingga Juli 2023, Livin’ by Mandiri telah mengelola lebih dari 1,5 miliar transaksi meningkat 44% secara year on year (yoy). Begitu pula dengan jumlah transaksi Livin’ by Mandiri mencapai Rp 1,76 triliun. Selaras dengan kebutuhan akan solusi finansial lebih dari 19,7 juta pengguna aktif yang tersebar di Indonesia dan dunia.

“Terlebih, melalui e-ticketing ini pengadministrasian biaya tiket ferry penumpang akan lebih tertib dan tercatat diantara biaya pass penumpang, biaya asuransi jasa raharja serta biaya jasa ferry penyebrangan,” ungkap Nicholas Anggada CEO PT. Mitra Kasih Perkasa

Nicholas juga menyampaikan dengan implementasi e-ticketing ini dapat mempermudah masyarakat mengakses pembelian tiket ferry penumpang dan mengurangi kepadatan antrian di loket penjualan tiket sehingga akan lebih efisien tanpa mengurangi peran agen-agen loket yang ada saat ini di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.

Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anak untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), AXA Insurance Indonesia (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.

Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Juni 2023, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.327 jaringan kantor, termasuk cabang digital (smart branch), kantor cabang dan kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.034 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id

Sumber: Humas Pelindo Tanjungpinang

Komentar