Ketua KPU Lamsel Menegaskan Tidak Akan Ada PSU

Penulis :
Kanal : Lampung15370 Dilihat

Jurnalutama.com ( Lampung ) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Ansurasta Razak menyatakan, tidak ada rekomendasi pencoblosan ulang di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Sampai sekarang tidak ada rekomendasi untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU),” ucapnya.

Serta awak media melontarkan pertanyakan kepada dirinya sudah sampai mana tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu 2024, Aan menjawab sedang dalam proses pergeseran kotak suara.

“Proses sekarang ini pergeseran kotak suara dari KPPS , PPS ke PPK,” cetus Ketua KPU.

Terkait penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) dalam penghitungan hasil suara resmi milik KPU, Aan menyatakan masih pada tahap penginputan.

“Sirekap masih dalam proses penginputan data,” imbuhnya.

Aan menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengakses proses rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU juga bisa mengakses website www.infopemilu2024.go.id.

“Teman-teman juga bisa melihat hasil rekapitulasi di website info pemilu, bisa di klik saja. Namun sampai dengan saat ini masih dalam proses penginputan,” paparan Ketua KPU.

Mengenai kendala yang muncul dalam proses pemungutan suara di TPS tanggapan 14 Februari 2024 kemarin, Aan menyebut sudah terselesaikan.

“Terkait dengan permasalahan-permasalahan Alhamdulillah bisa terselesaikan semua dengan baik,” tegasnya.

Di penghujung, Aan menyampaikan, secara keseluruhan proses penyelenggaraan pemungutan suara di Kabupaten Lampung Selatan berjalan dengan baik dan lancar.

“Secara keseluruhan pemilihan umum di tanggal 14 Februari 2024 kemarin sampai dengan saat ini berjalan aman, damai dan kondusif,” tutup

Ansurasta Razak menyatakan hitung cepat (quick count) yang dikeluarkan oleh lembaga survei bukan acuan resmi.

Ketua KPU Lamsel, Ansurasta Razak menambahkan, hasil hitung cepat lembaga survei adalah hal yang sah-sah saja namun bukan menjadi acuan resmi hasil rekapitulasi pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Sah-sah saja (quick count). Tetapi, tetap hasil yang menjadi acuan resmi dari KPU, kita tunggu saja rekapitulasi berdasarkan tingkatan-tingkatan yang dilakukan oleh KPU,” kata Aan saat ditemui didepan Kantor KPU setempat, Kamis (15/2/2024) sore. (*)

Komentar