Bandara Hang Nadim Layani Penerbangan Haji 2023

Penulis :
Kanal : Batam, Berita, Kepulauan Riau747 Dilihat

Jurnalutama.com (Batam) – Dengan dimulainya rangkaian keberangkatan Calon Jamaah Haji di Indonesia PT. Bandara Internasional Batam sebagai pengelola Bandara Hang Nadim turut aktif dalam mensukseskan program Haji 2023 yang melalui Embarkasi Batam. Kamis (25/5/2023).

Keberangkatan Haji akan dimulai pada tanggal 24 Mei 2023 sampai dengan 21 Juni 2023, sedangkan Kedatangan Jamaah Haji direncanakan dimulai pada tanggal 4 Juli 2023 sampai dengan 3 Agustus 2023.

Bandara Hang Nadim akan melayani 11.926 Jamaah yang merupakan gabungan dari Haji Embarkasi Batam dan Haji Antara. Adapun jumlah Jamaah Haji terdiri dari Jamaah Haji Kepulauan Riau sejumlah 1291 orang, Jama’ah Haji Riau sejumlah 5047 orang, Jamaah Haji Jambi sejumlah 2909 orang, Jamaah Haji Kalimantan Barat sejumlah 2519 orang, dan petugas kloter sebanyak 159 orang. Terkait dengan persiapan Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan skenario operasi mulai dari pengalokasian ruang tunggu, metode pemeriksaan yang dilakukan dengan bekerjasama dengan Asrama Haji dan Bandara keberangkatan untuk Haji Antara.

“Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan maka skenario pemeriksaan keamanan untuk penumpang Haji Embarkasi Batam akan dilakukan di Asrama Haji Batam dan untuk itu Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan tempat, petugas dan peralatan dengan metode yang sama sehingga jaminan keamanan bagi Jamaah Haji tetap berlaku standar sebagai Penumpang Pesawat Udara, ” ungkap Vice President Corporate PT Bandara Internasional Batam Aidhil P Julian.

Feeder flight yang akan dilayani dalam keberangkatan Jamaah Haji adalah 25 flight dari Riau dan Jambi sehingga Bandara Hang Nadim akan menjadi simpul keberangkatan, sehingga dengan demikian untuk memastikan terselenggaranya pelayanan operasi penerbangan Haji 2023 PT Bandara Internasional Batam telah mempersiapkan satuan tugas khusus yang fokus bertugas untuk memastikan operasi penerbangan Haji 2023 yang diketuai langsung oleh level manajemen operasi bandar udara.

“Disamping itu PT Bandara Internasional Batam juga telah memastikan kesiapan fasilitas udara, fasilitas terminal dan petugas yang akan melakukan penanganan langsung, sehingga dengan demikian dapat dipastikan Bandara Hang Nadim akan siap menyelenggarakan operasi penerbangan Haji tahun 2023, ” pungkasnya.

(Red/Anwa)

Komentar