HUT TNI ke-78 2023, Koarmada I Gelar Upacara Parade dan Difile 

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2023, Komando Armada I Tanjungpinang menggelar Upacara Parade dan Defile Prajurit TNI yang ada dibawah kendali operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I di Alun-alun Tugu Sirih, Tanjungpinang Barat Provinsi Kepulauna Riau. Kamis (05/10/23).

Upacara peringatan hari Lahir TNI ke-78 kali ini sebagai Inspektur Upacara yaitu Mayjen TNI Rifki Nawawi, S.E.,S.I.P. yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Staf Kogabwilhan I, dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Adapun satuan-satuan yang dilibatkan dalam upacara Parade dan Defile tersebut diantaranya, Kogabwilhan I, Korem 033/Wira Pratama, Yonif 136 Raiders, Koarmada I, Lantamal IV Batam, Yonmarhanlan IV Batam, Batalyon 10 Marinir, Satuan Kopaska Koarmada I, , Lanud Raja Haji Fisabilillah, Polres Tanjungpinang, Saka Wira Kartika Kodim/0315, Saka Bahari Lanal Bintan, Saka Dirgantara Lanud RHF, Satpol PP Prov. Kepri, FKPPI Prov. Kepri dan HIPAKAD Prov. Kepri.

Dalam kesempatan ini rangkaian kegiatan dalam upacara Parade dan Difile, diawali dengan Parade pasukan, lalu dilakukan pengucapan Sapta Marga oleh Tiga prajurit Perwira Pertama dari Tiga Matra yaitu oleh Letda Inf Dwi R Damanik, Letda Laut (KH) Nasario Wahyu Handoko, S.,I.Kom, dan Letda (Kum) Dimas Ikhsan Devano, S.H.

Dilanjutkan dengan pemberian tanda kehormatan oleh Inspektur Upacara kepada Tiga Prajurit perwakilan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU yaitu, Letda Inf Khairul (AD) SL. Kestiaan XXIV Tahun, Serda Atg Witarso (AL) SL.Kesetiaan XVI Tahun, dan kepada Koptu Suharjo (AU) SL. VIII Tahun.

Kemudian, dilanjutkan dengan demontrasi Bela diri Cadrick dari Prajurit Batalyon 10 Marinir, Pertempuran Jarak Dekat oleh prajurit Batalyon 136 Raiders serta demontrasi Pembebasan Sandera dari Batalyon 136 Raiders dan terjun payung dari prajurit Satkopaska Koarmada I serta demonstrasi Paramotor oleh Prajurit Lanud RHF.

Tidak hanya itu, untuk rangkaian kegiatan selanjutnya dalam rangka HUT TNI ke-78 Tahun 2023 ini juga akan dilaksanakan antara lain pada Minggu Tanggal 24 September 2023, Panglima TNI Run 5K, 10 K dan 21 K, Olahraga Bersama (Sban SKJ 88), Panggung Hiburan, serta Bazar UMKM/Matra/Komunitas, Pameran Alutsista, lalu, Dapur Lapangan, dan Baksos Kesehatan, (Donor darah, Pengobatan Gratis, Khitanan Massal, operasi Katarak, Gigi Sumbing dan gelar Rumah sakit lapangan serta melaksanakan Vicon dengan Panglima TNI).

Selanjutnya pada Senin 2 Oktober 2023 akan diselenggarakan Doa Bersama, pada Rabu 4 Oktober 2023 dilanjutkan dengan Ziarah Nasional, pada Jumat 6 Oktober 2023 diadakan Pagelaran Wayang kulit, dan pada Selasa 17 Oktober 2023 juga dilaksanakan Ketahanan Pangan secara serentak di 400 titik.

(Rat/Red)

Komentar