Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi Kesetaraan Gender di SDN 016 Kemang Indah

Penulis :
Kanal : Berita, Daerah, Kepulauan Riau, Pendidikan, Riau575 Dilihat

Jurnalutama.com (Kepri) – Mahasiswa Kukerta Universitas Riau melaksanakan sosialisasi kesetaraan gender bagi siswa/i di SDN 016 Kemang Indah, Kabupaten Kampar, Jum’at (4/8/2023).

Sekretaris Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Kemang Indah, Exaudi Lestari Aruan mengatakan, kesetaraan gender selalu menjadi topik hangat dalam kehidupan masyarakat.

Menurutnya, Dewasa ini terjadi pergeseran konstruksi sosial terkait peran pria dan wanita serta tuntutan-tuntutan sosial yang mengiringinya.

“Agar mudah dipahami adik-adik yang masih SD, kami melakukan sosialisasi dengan interaktif dalam bentuk penyampaian materi hingga kuis berhadiah,” katanya, Minggu (6/8/2023).

Exaudi menuturkan, ia bersama rekan-rekannya memaparkan materi terkait defenisi kesetaraan gender, pentingnya kesetaraan gender, serta upaya-upaya untuk mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan sekitar.

Dengan sosialisasi ini, siswa diharapkan menjadi sadar akan pentingnya persamaan hak antara pria dan wanita.

Selain itu, akan ada perubahan pola pikir dan perilaku yang lebih inklusif dan adil baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Perubahan pola pikir yang mendukung kesetaraan inilah yang menjadi langkah awal mewujudkan anak-anak yang bebas dari diskriminasi gender dan merata dalam segala aspek kehidupan.

“Kegiatan ini semakin membuka mata kita terhadap isu-isu diskriminasi, stereotip gender, maupun segala bentuk ketidaksetaraan dalam lini-lini kehidupan,” tuturnya.

Tak lupa, Exaudi juga mengapresiasi pihak sekolah dan masyarakat setempat yang mendukung sosialisasi kesetaraan gender yang dicanangkan.

Ia berharap, semakin banyak siswa/i yang memahami kesetaraan gender, apalagi siswa/i ini merupakan generasi penerus di masa depan.

“Puji Tuhan, program kesetaraan gender yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di SD di Desa Kemang Indah ini mendapatkan respons positif dari para siswa, dan guru,” tambahnya.

(Redaksi)

Komentar