Pangkoarmada I Inspeksi Jajaran di Perbatasan Paling Barat

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Tanjungpinang, TNi665 Dilihat

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Panglima Koamando Armada I Laksda TNI Erwin S Aldedharma didampingi Asops, Aslog, Koorsmin dan Kadispen Koarmada I, melaksanakan kunjungan Kerja (Kunker) ke Gugus Keamanan Laut (Guskamla) dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang Nangro Aceh Darusalam (NAD) yang berada di bawah jajaran Komando Armada I, Kamis (23/02/2023).

Dengan onboard Pesawat Udara Patroli Maritim CN-235 TNI AL, Pangkoarmada I bertolak dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI AL Tanjungpinang menuju Lanud Maimun Saleh (MUS) NAD dan disambut oleh Komandan Guskamla Koarmada I Laksma TNI Isswarto, Pj. Walikota Sabang, Kafasharkan, Palaksa Lanal Sabang dan Forkopimda dilanjutkan menuju Mako Lanal Sabang.

Setibanya di Lanal Sabang, Pangkoarmada I menerima Valreep jajar kehormatan, tari persembahan dan laporan Situasi oleh Palaksa Lanal Sabang dilanjutkan dengan peninjauan sarana dan prasarana (Sarpras) Lanal Sabang.

Selanjutnya, Pangkoarmada I menuju Mako Guskamla Koarmada I yang berada di Kec.Suka Karya Jl. Diponegiro No.1. Sabang Propinsi NAD, untuk melaksanakan peninjauan Sarpras yang berada di Mako Guskamla diantaranya, renovasi rumah jabatan Asisten dan Gedung Jalasenastri dan perumahan Guskamla Le Meule.

Di Mako Guskamla Koarmada I, Pangkoramada I berkesempatan untuk memberikan keterangan kepada awak media bahwa Kunjungan kerja ke Lanal Sabang dan Mako Guskamla Koarmada I merupakan perwakilan dari Pimpinan TNI Angkatan Laut untuk menengok keberadaan prajurit di garda terdepan NKRI.

Kunker ke wilayah Sabang NAD bertujuan untuk melihat dan meninjau kondisi fasilitas sarana dan prasarana yang ada, sehingga bisa secara langsung mendengarkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan jajaran TNI Angkatan Laut yang bertugas demi kelancaran dan pencapaian tugas pokok yang dipercayakan kepada mereka.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran saya di sini selain semangat kerja dan juga kinerja mereka bisa dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan. Saya juga bisa menyampaikan kepada pimpinan pusat apa saja yang dibutuhkan dan diperlukan sehingga mereka disini akan selalu semangat dalam bekerja dan bertugas, ” jelas Pangkoarmada I.

Lebih lanjut, Perhatian kepada prajurit TNI Angkatan Laut yang berada di Sabang tidak berbeda dengan daerah-daerah lain yang juga berbatasan dengan negara-negara tetangga. Kita memberikan perhatian secara seimbang kepada seluruh wilayah perbatasan mulai dari Sabang sampai Merauke.

“Untuk itulah saya menyempatkan diri untuk tetap hadir disini menerima dan mendengarkan saran dan masukan ataupun laporan-laporan terkait hal tersebut, apa yang menjadi keluhan, apa yang menjadi kendala akan sama-sama kita carikan solusinya, ” ujarnya.

Diakhir, Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin S Aldedharma juga menyampaikan, dengan adanya Relokasi Koarmada I, saat ini ditempatkan Markas Komando Guskamla, sehingga kekuatan, unsur atau kehadiran Angkatan Laut di wilayah ini akan ditingkatkan.

“Itu menunjukkan keseriusan dari TNI Angkatan Laut sebagai kepanjangan tangan dari keputusan politik pemerintah bahwa wilayah perbatasan itu selalu menjadi prioritas, selalu mendapatkan perhatian sehingga itu adalah bentuk dari penerjemahan kebijakan pemerintah yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut, ” tandasnya.(**)

(Redaksi)

Komentar