Polsek Bukit Bestari Serentak Penanaman Pohon Pencegahan Fenomena Iklim EL Nino

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) –  Kombes Pol H Ompusunggu,S.I.K., M.Si, Kapolresta Tanjungpinang, melalui  Kepala Polsek (Kapolsek) Bukit Bestari AKP Yuhendri Januar, SH., M.Hum mengikuti langsung kegiatan penanaman pohon di kawasan Hutan Lindung, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Rabu (23/8/2023).

Bukan hanya di Hutan Lindung, penanaman pohon juga dilakukan serentak di berbagai wilayah Kota Tanjungpinang.

Kegiatan penanaman pohon dengan Tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini Polresta Tanjungpinang”

Kegiatan ini diikuti unsur Jajaran Polsek Bukit Bestari, TNI, pemerintah daerah, Masyarakat Peduli Api (MPA), Forum RT / RW Kelurahan Tanjungpinang Timur, Siswa / Siswi SMP Negeri 5 Tanjungpinang, dan Masyarakat Jl. Hutan Lindung. Para peserta kompak mengenakan ikat kepala berupa pita Merah Putih.

AKP Yuhendri mengatakan, ada berbagai jenis pohon yang ditanam di Hutan Lindung hari ini. Pohon yang ditanam disesuaikan dengan karakteristik pohon yang ada di sini. “Di antaranya yang ditanam adalah Mahoni, Durian, Pete, Alpukat, Mangga, Sawo, Rambutan, dan  Jengkol, ” jelasnya.

Selain dalam upaya mendorong penghijauan dan pelestarian lingkungan di Kecamatan Bukit Bestari, kata AKP Yuhendri, Menginggat saat ini musim kekeringan yang menpengaruhi fenomena iklim el nino yang menakibatkan penyerapan air, dampak dari iklim el nino ini dapat mengalami kemarau yang Panjang, Semoga penanaman pohon ini tumbuh subur, serta bermanfaat untuk kita semua dan melindungi alam kita.

Selain Polsek Bukit Bestari, pada Rabu ini penanaman pohon dilakukan juga secara serentak oleh jajaran polda dan polres di daerah lain se-Indonesia.

“Kegiatan penanaman pohon serentak seluruh indonesia merupakan program dari bapak Kapolri, Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini,” ujar AKP Yuhendri.

Kegiatan penanaman pohon serentak ini dipimpin oleh Kepala Polri (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini sekaligus untuk pemecahan catatan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk kategori penanaman pohon terbanyak, dengan menanam sekitar 21 juta pohon se-Indonesia.

AKP Yuhendri mengatakan, ada berbagai jenis pohon yang ditanam di Hutan Lindung hari ini. Pohon yang ditanam disesuaikan dengan karakteristik pohon yang ada di sini. Di antaranya yang ditanam adalah pohon cemara, ketapang, mahoni, jambu air, mangga, durian, dan kelengkeng.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program Kapolri Jenderal. Kegiatan penanaman pohon serentak ini dilakukan secara serentak oleh jajaran polda dan polres di daerah lain se-Indonesia. Sekitar 21 juta pohon ditanam di seluruh Indonesia dalam kegiatan ini, ” tegas AKP Yuhendri.

Tidak hanya itu AKP Yuhendri juga berharap kegiatan penanaman pohon ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan melindungi alam.

“Agar masyarakat dapat ikut menjaga dan merawat pohon-pohon yang telah ditanam. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya Polri untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Polri mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, ” tutupnya .

(Awr/Red)

Comment