Polda Kepri Gelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun., M.Si selaku Inspektur Upacara pimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke -77 Tahun 2023 di Halaman Mapolda Kepri. Sabtu (1/7/2023).

Upacara tersebut dihadiri oleh Pangkogabwilhan I, Gubernur Provinsi Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Wakapolda Kepri, Danrem 033/WP, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danlanud RHF Tanjungpinang, Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, Irjen Pol. (Purn) Drs. Rudi Pranoto, Irwasda Polda Kepri, Ka Bakamla Zona Barat, Walikota Batam, Ka BNN Provinsi Kepri, dan Kabinda Provinsi Kepri, Kapolresta Barelang, Forkompinda Kota Batam serta Pejabat Utama Polda Kepri.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini berlangsung dengan tema “Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju.”

Rangkaian kegiatan dimulai dengan kedatangan Komandan Upacara di lapangan upacara, diikuti oleh kedatangan Inspektur Upacara. Pasukan menghormati Inspektur Upacara sambil menyanyikan Mars Polri. Selanjutnya, dilakukan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara dan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara.

Pataka Polda Kepri kemudian memasuki lapangan upacara, dan pasukan menghormati Pataka Polda Kepri Seligi Sakti Marwah Negeri. Acara dilanjutkan dengan pengheningan cipta, Andika Bhayangkari, serta pembacaan doa. Laporan Komandan Upacara kemudian disampaikan kepada Inspektur Upacara, diikuti oleh penghormatan pasukan.

Selanjutnya, para peserta menyanyikan Hymne Polri, dan pasukan menghormati Pataka Polda Kepri Seligi Sakti Marwah Negeri. Inspektur Upacara meninggalkan lapangan upacara.

Dipenghujung Upacara Hari Bhayangkara ke- 77 tahun 2023, Polda Kepri menampilkan beragam tarian festival kearifan lokal yang sangat memukau. Penampilan tarian dari beberapa daerah tersebut juga menggambarkan keaneka ragaman suku bangsa yang terdapat di Kepulauan Riau diantara nya yaitu tarian Daerah Aceh, Sumut, Padang, Bali, Kalimantan dan Papua serta daerah lainnya ditampilkan oleh Personil gabungan Polda Kepri dengan memakai pakaian adat khas yang bertempat di lapangan saat apel gelar pasukan yang di pandu dengan lantunan musik khas masing-masing daerah.

Dalam kesempatan tersebut selaku Inspektur Upacara Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun., M.Si., menyampaikan Kita semua menyadari bahwa situasi di wilayah Polda Kepri selama ini berada dalam kondisi yang kondusif. Hal ini terjadi berkat sinergi, kolaborasi, dan koordinasi antara seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta pihak media yang telah memberikan informasi kepada masyarakat dengan fokus pada pendidikan.

“Informasi yang disampaikan melalui berita-berita tersebut telah meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, yang pada gilirannya membantu menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kepri ini, serta mendukung proses pembangunan yang berjalan baik. Melalui evaluasi peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, kita berharap agar kerja sama yang telah terjalin selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sesuai dengan tema salah satunya, yaitu Polri Presisi untuk Negeri. Dengan tujuan “Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju” di tahun 2024 ini.”

Selanjutnya Kapolda Kepri Polda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun.,M.Si., menjelaskan sitausi Polda Kepri yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Pemilu tahun 2024, yang meliputi pemilihan presiden, serta kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Untuk persiapan pelaksanaannya, Polda Kepri sedang melakukan penataan ulang kekuatan secara keseluruhan, mulai dari Polda hingga Polsek yang akan dikerahkan pada tahun 2024. Proses penataan ini melibatkan seleksi, terutama ditingkat bintara, serta peningkatan kemampuan dan keterampilan personel yang sudah ada melalui latihan dan pengarahan yang intensif. Tujuannya adalah agar seluruh anggota jajaran memahami tugas dan tanggung jawab mereka dalam menghadapi Pemilu tahun 2024, ” tutup Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun., M.,Si.

(Redaksi)

Komentar