Puncak Peringatan HPN 2023 di Medan Dihadiri Presiden Jokowi

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) –  Presiden RI Joko Widodo menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023 yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Jalan Wiliem Iskandar, Kota Medan, Kamis (09/02/23).

Peringatan HPN 2023 yang mengangkat tema “Pers Merdeka Demokrasi Bermartabat” ini  juga dihadiri Ketua MPR RI, Panglima TNI, Kapolri, menteri KIB, duta besar, para Gubernur, Ketua Umum PWI dan seluruh peserta undangan lainnya.

“Provinsi Kepri sendiri mengikuti semua rangkaian kegiatan  HPN 2023, yang dilaksanakan dari tanggal 7 – 12 Februari 2023, ” ujar Kadis Kominfo Provinsi Kepri Hasan, melalui Kabid Komunikasi dan Kehumasan James Pattikawa.

Dikatakan James Pattikawa, Provinsi Kepri juga memberangkatkan rombongan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri. Dimana rombongan PWI Kepri yang berangkat mengikuti kegiatan HPN 2023 kali ini sebanyak 8 orang, selebihnya berangkat mandiri.

Rombongan dari Kepri telah tiba sejak hari pertama kegiatan HPN 2023 di Kota Medan dilaksanakan. Mulai dari workshop literasi digital media sosial dan Entrepreneurship untuk generasi milenial serta seminar seruan dari Medan.

Berikutnya sambung James Pattikawa, ada seminar dan workshop Adinegoro, anugerah kebudayaan, seminar Internasional tentang media sustainability dan juga program IKWI. Dimana rangkaian tersebut dilksanakan pada tangga 7 Februari.

Pada tanggal 8 Februari 2023 ada kegiatan seminar Internasional North Sumatra Trade Tourism And Investment (Duta Besar), konvensi nasional media massa, seminar olahraga dan  rakernas SIWO serta seminar dana perimbangan pusat dan daerah.

“Untuk seminar dana perimbangan pusat dan daerah dihadiri juga Asisten Ekonomi dan Pembangunan Luki Zaiman Prawira, ” tambah James Pattikawa.

Kemudian pada tanggal 9 Februari 2023 yang menjadi puncak acara  rangkaian HPN 2023, Provinsi Kepri juga hadir langsung melalu Staf Ahli Muhammad Dali.

Selesai acara, kegiatan  dilanjutkan pada siang harinya dengan menggelar  tour Danau Toba yang diikuti para peserta HPN 2023 sampai esok hari tanggal 10 Februari, hingga acara selesai ditutup tanggal 12 Februari 2023, “:ujar James Patikawa.

Sememtara itu, dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh insan pers bahwa kondisi media pers saat ini tidak dalam kondisi yang baik. Untuk itu, Presiden Joko Widodo menghimbau insan pers waspada dan selalu melakukan inovasi.

Dikatakan Presiden Joko Widodo saat ini tantangan media telah bergeser, tidak lagi soal kebebasan pers, karena saat ini media massa sudah bisa memberitakan apapun informasi. Tapi berbagai informasi yang dihadirkan itu, sudah saatnya dibarengi dengan pemberitaan yang profesional dan bertanggungjawab.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo juga menyoroti keberlangsungan media konvensional seperti media cetak, yang terus  tergeser oleh munculnya media – media digital. Bahkan belanja iklan, 60 persennya telah dikuasai platform asing. Sehingga makin menyulitkan keberlangsungan media konvensional itu sendiri.

Terakhir, menghadapi tahun politik pers harus  bisa mendorong  pesta demokrasi berjalan jujur adil dan bermartabat. Serta menjadi bagian penting, mengawal jalannya pemilihan presdien dan legislatif 2024 mendatang, berlangsung dalam suasana kondusif.

“Dengan kata lain, pers harus hadir menyejukan, bukan malah sebaliknya, ” tegas Presiden Jokowi.

Adapun Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi mengucapkan selamat HPN Tahun 2023. Pers kata Edi, harus bisa  menghasilkan  karya jurnalistik yang baik positif berimbang sesuai fakta tanpa adanya ketidakbenaran informasi.

Karena dengan menulis sesuatu yang baik, satu sisi pers juga ikut serta mengawal kemajuan pembangunan dalam hal ini Sumatera Utara dan juga Indonesia secara umum, dengan  pemberitaan yang bertanggungjawab, jelas Gubernur Sumut.

Rangkaian puncak HPN 2023 juga dibarengkan dengan penandatanganan bersama  Gugus  Tugas Pengawasan Dan Pemantuan Pemberitaan Penyiaran Iklan Kampanye Dalam Penyelengaran Pemilu Tahun 2024 masing masing oleh Bawaslu Dewan Pers KPU dan KPI.

Selain acara dimeriahkan  atraksi hiburan, juga diisi dengan penyerahan  penghargaan untuk berbagai kategori, yang dilaksanakan selama diselenggarakannya gelaran HPN 2023 di Kota Medan Sumatera Utara. (**)

(DK/Redaksi)

Komentar