Wakajati Kepri Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau M. Teguh Darmawan, S.H., M.H menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, di Lapangan upacara Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Kamis (17/08/23).

Kepala Seksi Penerangan Hukum  Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau Denny Anteng Prakoso, SH., MH., menyampaikan, Dalam kesempatan ini Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau M. Teguh Darmawan, S.H., M.H membacakan sambutan Jaksa Agung RI yang bertemakan “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Dalam sambutan Jaksa Agung RI yang dibacakan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau menuturkan, ” Peringatan hari kemerdekaan ini membawa kita kepada suatu momentum bersejarah pada 78 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus tahun 1945. Para founding fathers kita, Soekarno-Hatta, mengumandangkan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, di tengah geopolitik dunia yang sedang bergejolak ” ujarnya.

Lanjutnya, pernyataan kebangsaan sejatinya berakar dan tumbuh dari cita-cita, keinginan yang luhur dan sikap tegas rakyat Indonesia saat itu guna membebaskan diri dari belenggu penjajahan yang mengikat sejak ratusan tahun silam.

Adapun tema besar yang diusung dalam Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 ini “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan serta mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, dalam amanatnya Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau menyampaikan sambutan Jaksa Agung RI yang harus menjadi perhatian bagi Insan Adhyaksa Dalam menyambut pemilihan umum serentak.

Jaksa Agung RI berpesan agar Kejaksaan harus senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi netralitas dengan tidak memihak atau berafiliasi dengan partai politik maupun kepentingan politik mana pun, terlebih dalam pelaksanaan tugas pokok fungsinya, khususnya dalam penegakan hukum.

Menjelang Pemilu 2024 pihak merasa resah atas polarisasi yang semakin tajam di masyarakat. Hoaks dan fitnah terus disebarkan untuk menciptakan kebencian dan ketakutan.

 

Jaksa Agung RI ST Burhanuddin meminta kepada seluruh jajaran Insan Adhyaksa di seluruh penjuru tanah air untuk, melaksanakan pemetaan potensi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan (AGHT) dalam proses pemilihan umum sebagai bentuk deteksi dan pencegahan dini.

Selanjutnya, melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka menciptakan pelaksanaan pemilihan umum yang sesuai dengan prinsip serta ketentuan peraturan perundang-undangan dan melakukan koordinasi dengan para stakeholders yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan umum.

Kemudian, Melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap segala bentuk potensi tindak pidana pemilihan umum baik yang terjadi sebelum, saat pelaksanaan, maupun pasca diselenggarakannya pemilihan umum.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada tahun 2023 ini berlangsung khidmat dan istimewa. Dirgahayu Republik Indonesia ke-78, mari terus menginspirasi dunia dengan semangat perjuangan dan semangat kebersamaan.

Hadir dalam upacara tersebut yaitu para Asisten, Koordinator, Kepala Kejaksaan Negeri Bintan, Kepala Seksi, Kasubag, Kaur pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau,  seluruh Pegawai dan Pramubakti Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Kejaksaan Negeri Tanjungpinang dan Kejaksaan Negeri Bintan.

(Redaksi)

Komentar