Dewi Ansar Buka Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA N 1 Teluk Sebong

Penulis :
Kanal : Bintan, Kepulauan Riau38 Dilihat

Jurnalutama.com {Bintan} – Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar resmi membuka kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA N 1 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Rabu (22/11/2023). Kegiatan Gelar Karya ini merupakan inisiatif positif untuk memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar.

Tema kegiatan kali ini ialah, ‘Melestarikan Budaya Melayu Bintan: Budaya Lingkungan dan Sehat Berdemokrasi’ mencerminkan upaya untuk tidak hanya memperkuat pemahaman akan nilai-nilai Pancasila, tetapi juga untuk mendorong kesadaran akan warisan budaya Melayu Bintan yang kaya kepada para pelajar.

Dalam sambutannya, Hj. Dewi Kumalasari Ansar menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para pelajar untuk tidak hanya mencintai dan memahami budaya lokal, tetapi juga untuk aktif berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan pembangunan demokrasi.

“Saya ingin mengajak generasi muda Kepri untuk menjadi agen perubahan dalam pelestarian kearifan lokal, menjaga kebersihan lingkungan, dan mengembangkan sikap demokratis dalam berbagai aspek kehidupan,” ujar Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga menegaskan bahwa betapa pentingnya kolaborasi antara pendidikan, budaya, dan lingkungan untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak, peduli lingkungan, dan memiliki pemahaman yang baik terhadap demokrasi.

“Dengan tema yang menarik dan relevan ini, Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA N 1 Teluk Sebong, saya harapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam memperkaya pengalaman pendidikan bagi siswa,” harapnya.

Diakhiri sambutannya, Dewi Ansar memberikan semangat dan dukungan yang luar biasa bagi keberhasilan kegiatan Gelar Karya ini.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang bermakna dalam membangun karakter generasi muda yang tangguh dan memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai Pancasila dan lebih mencintai budayanya sendiri,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 1 Teluk Sebong, Sunardi, menyampaikan bahwa kegiatan Gelar Karya Projek ini melibatkan partisipasi aktif siswa-siswi SMA N 1 Teluk Sebong, yang akan mengembangkan berbagai proyek kreatif yang berkontribusi pada melestarikan budaya Melayu Bintan, mendukung keberlanjutan lingkungan, serta mempromosikan gaya hidup sehat dan demokratis.

“Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya memperkuat pemahaman bagi para pelajar akan Pancasila sebagai landasan nilai, tetapi juga mengajak generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya Melayu Bintan, sambil menjunjung tinggi nilai-nilai lingkungan dan hidup sehat,” ungkapnya.

Turur hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, Dansatrad diwakili oleh Kasi Kompenika Kapten Darwin, Pengawas SMA, SMK dan SLB Kabupaten Bintan, BhabinPotDirga Serman Edi, Bhabinkamtibmas Romi Zona dan Para majelis guru SMA N 1 Teluk Sebong. (**)

Komentar