Rangka Pengamanan Nataru 2022-2023, Polres Karimun Gelar Lat Pra Ops Lilin Seligi 2022

Jurnalutama.com (Karimun) – Polres Karimun melaksanakan Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) bagi personel yang akan dilibatkan dalam Operasi Lilin Seligi 2022 selama 11 hari yang mulai di gelar pada tanggal 23 Desember sampai dengan 2 Januari 2023, di Rupatama Polres Karimun, Rabu (21/12/22).

Dengan mengusung tema “Melalui Latihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Kemampuan dan Profesional Polri Dalam Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri” .

Pelaksanaan Lat Pra Ops ini dengan materi berupa teori dan praktek lapangan. Untuk pemateri atau narasumber di bawakan dari internal Polres Karimun, yaitu beberapa Perwira dari Bagian dan Satuan Fungsi pendukung yang terlibat dalam operasi.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dibuka oleh Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K, S.H yang diwakili oleh Wakapolres Karimun Kompol Syaiful Badawi, S.I.K di dampingi Kabag Ops Polres Karimun Kompol Anak Agung Made Winarta, S.H, S.I.K dan Kasat Intel Polres Karimun AKP Pramudi.

Sementara itu, Untuk peserta Lat Pra Ops terdiri dari personel Polres Karimun dari yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2022 yang berjumlah instruktur 5 orang dan peserta latihan 32 orang.

Pada kesempatan ini, Wakapolres Karimun Kompol Syaiful Badawi, S.I.K menyampaikan arahan kepada para peserta Lat Pra Ops bahwa, “Operasi Lilin Seligi 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023 atau selama 11 hari kedepan, sebelumnya harus memahami seperti apa pelaksanaan di lapangan dan sasaran atau target operasi, ” ungkapnya.

Menurut Wakapolres Karimun bahwa perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bebeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

” Jadi kita antisipasi lonjakan aktifitas masyarakat, khususnya dihari Natal 2022 dan malam perayaan Tahun Baru 2023 di tempat ibadah, lokasi wisata, pusat perbelanjaan maupun pelabuhan,” ucapnya.

Selain itu, Wakapolres Karimun juga mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi lilin Seligi 2022 agar selalu mengutamakan keselamatan diri dengan menggunakan perlengkapan Body Vest dan Buddy System pada saat melaksanakan tugas.

Dalam Pelaksanaan Lat Pra Ops ini adalah sebagai bentuk kesiapan personel sebelum pelaksanaan operasi, agar para peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang telah direncanakan dengan tetap mengedepankan sikap Humanis dan sesuai SOP.

” Kepada peserta Lat Pra Ops untuk menjaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, ” pungkas Wakapolres Karimun Kompol Syaiful Badawi, S.I.K.

(Ratih)

Comment