Permudah Layanan Kesehatan, Amdes Pertama Di Kecamatan Ketapang Lamsel

Penulis :
Kanal : Kesehatan, Lampung, Pemerintah, Sosial6551 Dilihat

Jurnalutama.com (Lampung) – Desa Sidoasih, Kecamatan ketapang , Kabupaten Lampung Selatan akhirnya membeli satu unit mobil ambulance untuk mempermudah layanan kepada masyarakat dan kebutuhan desa. Pembelian mobil tersebut untuk kebutuhan warga yang berada di desa Sidoasih dan sekitarnya.

Untuk pertama di desa se-kecamatan Ketapang yang mempunyai kendaraan mobil (Amdes)  Ambulan Desa,  yang dihasilkan dari dana penghasilan desa itu sendiri,

M. Ibrahim, Amd. Lelaki kelahiran 1989 menjadi Kepala desa sejak 5 bulan lalu, tepatnya di lantik menjadi Kades Sidoasih Kecamatan Ketapang sejak 20/9/2023. Keinginan Dirinya agar masyarakat didesa Sidoasih agar cepat penanganan bagi warga yang sakit.

mobil ambulance untuk desa dan untuk kebutuhan warga masyarakat. Seperti untuk antar jemput warga yang sakit, ke rumah sakit, bersalin, angkut Peti ke pemakaman dan lainnya.

Dok. F/ kades mengecek serta menghimbau kepadawarganya terdampak banjir,
Dok. F/ kades mengecek serta menghimbau kepadawarganya terdampak banjir,

 

Mobil milik desa tersebut kata Ibrahim , dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat yang ada di desa tersebut bahkan untuk warga desa tetangga jika membutuhkan. Dan pembelian mobil desa itu menggunakan dana penghasilan Desa, desa sendiri memiliki beberapa kios, ya dari kios-kios rersebut dikumpulkan dan bisa membeli unit kendaraan yang kita jadikan ambulan, dihibahkan ke BUMDES untuk pengelolaan dan perawatan.”

Ibrahim juga menyampaikan, tahun 2024 ini selain pengadaan mobil ambulance desa, pihak desa juga merencanakan akan membeli lahan peruntukan TPU ( Tempat Pemakaman Umum),

“Jadi nantinya aktivitas dan kebutuhan desa dan warga bisa menggunakan mobil ambulance milik desa. Bisa antar warga berobat dan lain-lain, kedepannya merencanakan akan membeli lahan peruntukan TPU ( Tempat Pemakaman Umum), ” ucapnya, Rabu(6/3).

Ibrahim berharap, dengan hadirnya mobil ambulance milik desa ini dapat membantu warga masyarakat di Sidoasih, dan memberikan banyak manfaat yang berati, terutama dalam layanan kesehatan.

” Masyarakat bisa manfaatkan atau pakai untuk berobat sebagai mana mestinya. Antar jemput berobat dan lain-lainnya. Saya berharap ini memberikan manfaat yang baik bagi desa dan membantu warga,” paparnya.

Dok. F/ Kades Sidoasih M. Ibrahim sedang berkunjung rumah warganya di dusun 1 sidoasih.
Dok. F/ Kades Sidoasih M. Ibrahim sedang berkunjung rumah warganya di dusun 1 sidoasih.

Saat dirinya melakukan rutinitas sehari-hari berkeliling desa menyambangi warga, ia menyempatkan kerkunjung ke warga yang terdampak akibat banjir beberapa hari yang lalu, ia khawatir tentang kesehatan warga sekitar,

Dirinya menghimbau kepada masyarakat jika hujan agat waspada banjir seperti hari yang yang lalu, dan cepat melapor ke petugas kesehatan, atau ke RT/RW atau langsung ke dirinya jika ada yang sakit, agar cepat di tangani dan dibobati, karena musin hujan rentang dengan penyakit, apa lagi penyakit Demam Berdarah.

Kades Sidoasih itupun menghimbau kepada seluruh masyarakat Sidoasih agar waspada dari kejahatan pencurian bermotor dll, karena beberapa hari ini terjadi kehilangan.

” saya menghimbau kepada masyarakat agar waspada jika terjadi hujan yang mengakibatkan banjir, serta saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Sidoasih supaya waspada dari kejahatan pencurian bermotor karena desa Sidoasih perlintasan jalan raya lintas timur, ” pungkasnya. (AKO)

Komentar