Rutan Kota Agung Gelar Deteksi Dini TBC, Rontgen 373 WBP dalam 2 Hari

Penulis :
Kanal : Lampung203 Dilihat

Jurnalutama.com (Tanggamus) – Menggandeng Dinas Kesehatan Kab. Tanggamus, Puskesmas Kota Agung dan Tirta Medical Center , Rutan Kota Agung melaksanakan deteksi dini secara aktif dengan melakukan rontgen dada pada 373 Warga Binaan Pemasyarakatan (Rutan) Kota Agung selama 2 hari sejak kemarin (Selasa,14/11/2023 red) hingga hari ini Rabu, (15/11/2023).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kota Agung, Benny M Saefulloh. Turut hadir Kepala Puskesmas Kota Agung Beni Heranista serta Kepala Subbidang Pembinaan Teknologi Informasi Dan Kerjasama Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Lampung Zuhri Hendri.

“Kegiatan ini adalah langkah aktif yang kami lakukan untuk menemukan WBP yang terindikasi menderita TBC. Hal ini sejalan dengan program Pemberantasan TBC Kemenkes RI dan Deteksi TBC pada WBP oleh Ditjenpas Kemenkumham RI pada 374 lapas/rutan Se-Indonesia,” ungkap Benny.

Sebelumnya, 373 WBP tersebut telah dilakukan screening gejala oleh petugas medis rutan. “Selanjutnya selama 2 hari ini, kami melakukan kegiatan rontgen, bila ditemukan indikasi suspect TB, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan tes spesimen dahak,” sambungnya.

Tirta Medical Center yang ditunjuk Ditjenpas sebagai vendor pelaksanaan rontgen menerjunkan 6 orang tim radiografer dan 1 orang dokter. Rontgen dilakukan di Klinik Rutan dengan Alat X-ray portable milik Tirta Medical Center. Sementara itu, tes dahak ditangani oleh 2 orang tim nakes dari Puskesmas Kota Agung.

“Kami terus mengupayakan pelayanan kesehatan maksimal untuk WBP. Karena WBP hanya dirampas kemerdekaannya, sementara hak untuk hidup sehat tetap harus dipenuhi. Semoga dengan kegiatan ini WBP semakin sadar tentang perilaku hidup sehat serta mengurangi kebiasaan merokok yang jelas merugikan diri sendiri dan orang lain,” tutup Benny (AKO)

Komentar