Antisipasi Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Polresta Tanjungpinang Patroli KRYD 

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Dalam upaya menjaga kondusifitas Kota Tanjungpinang yang aman dan damai, Polresta Tanjungpinang melaksanakan Kegiatan Patroli KRYD pada Sabtu malam Minggu. (16/12/23).

Kegiatan ini menyasar obyek vital (KPU, BAWASLU dan GUDANG LOGISTIK KPU), pusat keramaian, perumahan, dan lokasi lain yang dianggap rawan kriminalitas.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang, AKP M. D. Ardiyaniki, S.T.K., S.I.K., M.Sc., dengan melibatkan sejumlah personel dan PJU Polresta Tanjungpinang.

Kapolresta Tanjungpinang, Kombespol H. Ompusunggu, S.I.K, M.Si, melalui Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang, AKP M. D. Ardiyaniki, S.T.K., S.I.K., M.Sc., mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini adalah melakukan pengecekan personel yang melaksanakan pengamanan di Kantor KPU, Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Gudang Logistik KPU Kota Tanjungpinang serta pencegahan tindak pidana, penyalahgunaan narkotika, sajam, miras, dan aksi balap liar yang mungkin terjadi di berbagai wilayah Kota Tanjungpinang.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Tanjungpinang menjelang pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

Pelaksanaan KRYD diawali dengan apel bersama di Mapolresta Tanjungpinang, Jalan Ahmad Yani, Kilometer 5 Tanjungpinang.

Rangkaian kegiatan KRYD ini mencakup patroli intensif obyek vital seperti Kantor (KPU, BAWASLU & GUDANG LOGISTIK KPU), pusat perbelanjaan, tempat keramaian, perumahan, dan lokasi-lokasi strategis lainnya. Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari personel yang terlatih dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Dalam arahannya, Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang, AKP M. D. Ardiyaniki, S.T.K., S.I.K., M.Sc., mengatakan, dalam pelaksanaan KRYD personel diharapkan mengedepankan sikap yang humanis dan tidak arogansi, hal tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang, juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Polresta untuk meningkatkan kehadiran dan kewaspadaan di lingkungan masyarakat.

“Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Kota Tanjungpinang, khususnya pada malam minggu yang sering menjadi momen rawan kejahatan,” ujar AKP M. D. Ardiyaniki, S.T.K., S.I.K., M.Sc., Sabtu (16/12/2023).

“Personel juga diharapkan dapat berhati-hati dalam pelaksanaan KRYD dan mengedepankan SOP dan humanis,” tambah Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang.

Kegiatan KRYD dilakukan bertujuan sebagai langkah preventif atau pencegahan dan penindakan Polri dalam rangka cipta kondisi mewujudkan Harkamtibmas serta mencegah tindak pidana di wilayah Kota Tanjungpinang jelang Pemilu 2024.

“Saya menghimbau dalam pelaksanaan tugas ini personel dapat menjaga keselamatan yang utama,” ungkapnya Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang, AKP M. D. Ardiyaniki, S.T.K., S.I.K., M.Sc.

Usai pelaksanaan apel, Tim 1 dan 2 meninggalkan Mapolresta Tanjungpinang menuju kawasan lokasi obyek vital, seperti Kantor (KPU, BAWASLU & GUDANG LOGISTIK KPU), pusat keramaian, perumahan, dan lokasi lain yang dianggap rawan kriminalitas yang ada di kota Tanjungpinang. Hasil razia menunjukkan tidak ditemukannya tindak pidana.

Pukul 01.30 WIB, Tim gabungan Polresta Tanjungpinang melaksanakan Apel Konsolidasi yang dipimpin oleh Kabagren Polresta Tanjungpinang Kompol Afdal., dalam arahannya, Kabag Ren menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan lancar.

“Kegiatan ini adalah upaya konkret Polresta Tanjungpinang dalam menjaga stabilitas dan keamanan di Kota Tanjungpinang, serta sebagai bagian dari penerapan Cooling System menjelang pelaksanaan Pemilu 2024,” pungkas Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang.

(Redaksi) 

Komentar