Jelang Idul Adha 1444 H, Dinas Pangan Nasional Gelar Pasar Murah di Kabupaten Karimun

Penulis :
Kanal : Berita, Karimun, Kepulauan Riau, Nasional421 Dilihat

Jurnalutama.com (Karimun) – Jelang Idul Adha 1444 Hijriyah, Badan Pangan Nasional bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menggelar Pasar Murah di Halaman Karimun Centre Jalan A Yani Kolong, Senin (26/6/2023).

Pasar murah ini menyediakan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, telur, bawang merah, bawang putih, Cabai dan Daging Sapi Beku. Berbagai kebutuhan bahan pokok itu, dijual dibawah harga pasar atau harga distributor.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pasar murah ini digelar serentak di 37 Provinsi wilayah Indonesia dan 300 Kabupaten dan Kota dan merupakan hasil kerjasama Badan Pangan Nasional bersama Kementerian Ekonomi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Bank Indonesia.

“Kegiatan ini memecahkan rekor MURI yaitu Pangan Murah. Untuk di Karimun, kegiatan ini dilaksanakandi dua titik, antaranya Pulau Kundur dan Pulau Karimun,” kata Rafiq.

Orang nomor satu di Karimun itu menyebutkan, kegiatan pasar murah ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang hari besar keagamaan Idul Adha 1444 Hijriyah.

“Tujuan kegiatan ini untuk menstabilkan harga pangan menjelang Idul Adha yang jatuh pada tanggal 28 Juni mendatang untuk Muhammadiyah dan 29 Juni untuk NU. Harapannya ini bisa membantu masyarakat, ” katanya.

Sementara itu, Kadis Pangan dan Pertanian Sukriyanto Jaya Putra mengatakan, pasar murah ini merupakan program dari Badan Pangan Nasional untuk menstabilkan harga pangan.

“Hari ini kami melibatkan 6 distributor yang ada di Karimun, jadi kebutuhan bahan pokok yang dijual hari ini semuanya lebih murah dari harga pasar, ” kata Sukri.

Ia juga menyebutkan, kegiatan ini akan digelar secara berkelanjutan untuk menjaga stabilitas harga pangan di Karimun.

“InsyaAllah ini berkelanjutan khususnya pada hari-hari besar keagamaan. Semoga apa yang dilaksanakan hari ini, bisa memberikan manfaat dan membantu masyarakat,” ujarnya.

(Redaksi)

Komentar