BMKG Dapat Hibah Tanah dari Pemda Natuna Seluas 10.697 M2 

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Natuna, Pemerintah235 Dilihat

Jurnalutama.com (Natuna) Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Boy Wijanarko Varianto melaksanakan penandatangan naskah hiba tanah dengan Sekretaris Utama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwi Budi Sutrisno. Bertempat di kantor pusat BMKG Jakarta. Senin 27/05/2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Deputi BMKG Bidang Meterologi, Guswanto, Deputi BMKG Bidang Klimatologi, Ardhasena Sopaheluwakan, Plt. Biro Umum dan SDM BMKG, Petrus Demonsili dan Inspektur BMKG, Nasruk Wathon. 

Ini merupakan salah satu bentuk dari perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Natuna kepada BMKG Ranai agar dapat membangun Radar Cuaca Stasiun dengan luas hiba tanah sebesar 10.697 M2, agar dapat di pergunakan dengan baik terhadap aset tersebut.

Tujuan hibah tanah ini dilaksanakan untuk mendukung kinerja BMKG dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Natuna.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Natuna atas pemberian aset hiba tanah yang sangat di butuhkan oleh BMKG di Ranai agar dapat mendukung tempat kinerja yang akan di butuh oleh BMKG.

“Karena aset merupakan salah satu bentuk yang harus dijaga dan di rawat oleh BMKG guna untuk mengembangkan pelayanan terhadap masyarakat agar dapat memberikan informasi yang akurat tentang iklim cuaca dan gempa di Natuna, ” ungkap Dwi Budi Sutrisno.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa wilayah Kabupaten Natuna merupakan strategis Nasional maupun internasional yang membutuhkan informasi yang cepat dan akurat tentang iklim cuaca, maka dari itu BMKG harus hadir di wilayah tersebut., ” tegas Dwi Budi Sutrisno.

Tetapi aset hiba tanah ini juga dapat menjadi fasilitas yang berguna yang lebih memadai untuk BMKG agar dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan tepat kepada masyarakat.

“Supaya bencana alam yang menimpa wilayah Kabupaten Natuna di tahun 2023 yang lalu agar dapat di antisipasi dengan baik dan tidak menimbulkan banyak korban jiwa yang berjatuhan”. Tutup Dwi Budi Sutrisno.

Senada dengan Bupati Natuna, Wan Siswandi juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BMKG yang sudah menjalankan tugas atau peran penting untuk memberikan informasi tentan iklim cuaca terhadap masyarakat maupun kepada Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah Kabupaten Natuna.

kehadiran BMKG sangat dibutuhkan oleh masyarakat Natuna yang notabenenya kebanyakan berprofesi sebagai nelayan yang membutuhkan informasi tentang masuknya iklim cuaca ekstrem sebelum turun ke laut untuk mencari ikan.

“Bahkan dengan adanya BMKG di Natuna merupakan salah satu bentuk bagian dari diri kami, karena informasi yang di sampaikan oleh BMKG sangat berguna untuk masyarakat setempat, ” tegas Wan Siswandi.

“Oleh sebab itu saya berharap, dengan adanya hibah aset tanah tersebut dapat dimanfaat sebaik-baiknya oleh BMKG yang bertugas di Natuna agar dapat memberikan pelayanan atau informasi yang akurat terhadap masyarakat, ” papar Wan Siswandi.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Natuna akan terus berupaya membantuk dengan sepenuh hati, ketika BMKG Ranai memerlukan bantuan dari Pemda terkait dalam pengembangan atau memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Tetapi harus sesuai dengan keadaan dan kemampuan keuangan daerah karena itu merupakan kewenangan dari Pemda Natuna, semoga dengan adanya aset hibah tanah ini BMKG dapat bekerja secara maksimal dan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, ” tutup Wan Siswandi.

(Ilham)

Komentar