Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Gelar Sholat Ied Bersama, Qurban 3 Sapi dan 2 Kambing

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi jatuh pada besuk Kamis tanggal 29 Juni 2023, terkait hal tersebut Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang bekerjasama sama dengan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan akan menyelenggarakan sholat Ied bersama, selain itu akan menyembelih hewan Qurban yakni 3 Sapi dan 2 Kambing, di Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tanjungpinang Edi Mulyono ke Jurnalutama.com, Rabu (28/06/23).

” Besuk pagi (Kamis 29/06/23- red) kita akan melaksanakan kegiatan sholat Idul Adha 1444 H, diikuti oleh petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapangan Lapas dengan Khotib yakni Ustadz Sumarno S.Pd. dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan Qurban sebanyak 3 Sapi dan 2 Kambing, dari 3 Sapi tersebut salah satunya adalah bantuan dari Bupati Bintan, ” ujar Edi Mulyono.

Namun, Lanjut Edi Mulyono, Kita masih nunggu arahan ataupun edaran mbak, ” katanya .

Kalapas Edi Mulyono juga memberikan salam hangat kepada seluruh lapisan masyarakat Muslim, kiranya kita mengambil hikmah atas peristiwa Nabi ibrahim yang mengorbankan anaknya Nabi Ismail untuk disembelih, sebagai ujian sampai dimana ketaqwaan Nabi Ibrahim kepada Tuhanya. Namun atas kehendak dan kekuasaan -Nya, Nabi Ismail diganti oleh seekor domba, yang bermakna kita sebagai manusia hendaklah rela berqurban baik dalam bentuk harta, benda maupun jiwa dan raga.

“Mari kita sebagai umat muslim patut meneladani Nabi Ibrahim agar kita semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, ” tuturnya.

Lebih lanjut menurut Edi, dalam hal Berkurban, tidak semata-mata bisa menghapus dosa- dosa kita, yakni dengan memberikan rezeki kepada yang membutuhkan, atau menjalankan ibadah sunnah Allah SWT. Disisi lain kurban ini menjadi salah satu bentuk ibadah yang dicintai Allah SWT, ” tambahnya.

Diakhir, Kalapas Edi Mulyono tidak lupa mengucapkan “Selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023” kepada seluruh lapisan masyarakat Muslim khususnya di Bintan Kepulauan Riau.

” Kami dan segenap keluarga besar dan jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang mengucapkan Selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, semoga kita semua dapat memaknai dan menerapkan dalam kehidupan kita sehari – hari dengan baik, ” pungkasnya.

(Ratih)

Komentar