WB Lansia Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Ikuti Senam Bersama

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang Kanwil Kemenkumham Kepri terus melakukan berbagai program sebagai upaya dan peningkatan memenuhi hak Warga Binaan, khususnya hal pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan yang sudah memasuki lanjut usia (Lansia).

Sebanyak 27 (dua puluh tujuh) Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang yang masuk kategori lansia saat ini, melakukan olahraga senam di ruang besukan  Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Jum’at (0707/2023).

Adapun gerakan senam yang dilakukan diantaranya gerakan pada tangan, gerakan kaki, gerakan muka, dan juga gerakan kepala. Kegiatan senam ini rutin dilaksanakan dalam waktu 3 kali  Seminggu yaitu hari Senin, Rabu dan Jum’at, pagi hari.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang, Maman Herwaman menjelaskan, senam yang dilakukan warga binaan lanjut usia ini bertujuan membina dan memberikan layanan kesehatan guna meningkatkan dan menjaga kebugaran selama menjalani pidana di Lapas.

“Warga binaan lanjut usia merupakan salah satu kelompok risiko tinggi dan rentan. Sehingga memerlukan perhatian dan perawatan yang berkesinambungan. Adanya kegiatan senam lansia ini diharapkan dapat lebih sehat, bugar, serta produktif meskipun telah memasuki usia lanjut,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Kalapas, senam ini juga dapat meminimalisir dan mengeliminasi resiko penyakit seperti Hipertensi, Diabetes Melitus, penyakit arteri, serta penyakit yang beresiko lainnya bagi lansia, ” ujarnya.

Setelah senam, Warga Binaan tersebut di berikan pemenuhan kebutuhan lansia untuk mencukupi kebutuhan gizi yangg kurang misalnya pemberian susu, vitamin dan makanan tambahan seperti quaker oleh petugas media lapas.

(Redaksi)

Comment