Polres Bintan Akan Laksanakan Operasi Keselamatan Berlalu Lintas, Ini Sasarannya

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Mulai hari Senin (4/3/24) Polres Bintan akan melaksanakan operasi keselamatan dengan sandi Operasi Keselamatan Seligi 2024 yang mengedepankan Keselamatan dalam berlalu lintas, sebelum dimulainya Operasi Keselamatan tersebut dilakukan Latihan sebelum pelaksanaan operasi atau yang biasa disebut dengan LatPraOps yang diikuti oleh personel yang melaksanakan Operasi, pelaksanaan LatPraOps tersebut dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Polres Bintan, Kamis (29/2/2024).

LatPraOps Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan dipimpin oleh Waka Polres Bintan Kompol Amir Hamzah, S.H., M.H dan diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam operasi.

Setelah secara resmi LatPraOps dibuka selanjutnya dilakukan pemaparan oleh Kabagops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi, S.H selaku KarendalOps dilanjutkan dengan paparan oleh Kasat Lantas AKP Khafandi selaku KaOpsdata.

AKP Khafandi menyampaikan, sasaran operasi dibagi 3 yaitu sasaran terhadap orang, Benda serta sasaran terhadap tempat dan lokasi

“Kalau terhadap orang yaitu terhadap pengemudi kendaraan roda 2 maupun roda 4, terhadap benda yaitu kendaraan yang dikendarai apakah layak atau tidak layak kendaraan tersebut berjalan di jalan raya demikian juga dengan barang bawaan apakah sudah sesuai dengan dengan daya angkut kendaraan tersebut, ” kata Kasat Lantas.

Lebih lanjut dikatakan Kasat Lantas, Sedangkan untuk lokasi atau tempat sasaran kami adalah Jalan Umum, kawasan jalan yang rawan pelanggaran lalu lintas dan kemacetan, selanjutnya daerah rawan kejahatan juga menjadi sasaran kami, ” ungkapnya.

Selanjutnya, tujuan dari Operasi ini untuk meningkatkan kedisiplinan Masyarakat dalam berlalu lintas menekan angka fatalitas korban kecelakaan dan menekan pelanggaran Lalu Lintas, ” jelasnya.

Sebanyak 20 personel akan dilibatkan dalam operasi Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan dengan berbagai satuan tugas, antara lain satgas 1 yang diemban oleh fungsi lalu lintas dan Intelijen, satgas 2 Preemtif yang diemban oleh fungsi lalu lintas, satgas 3 Preventif juga diemban oleh fungsi lalu lintas, selanjutnya satgas 4 yang diemban oleh fungsi humas dan Propam.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K.,M.M melalui Kasi Humas Iptu Alson mengatakan bahwa Operasi Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan akan digelar selama 14 hari yang dimulai pada tanggal 4 Maret 2024 sampai dengan tanggal 17 Maret 2024, untuk itu kami menghimbau kepada Masyarakat untuk segera mempersiapkan diri dan jangan melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Kami himbau kepada Masyarakat untuk selalu mengikuti peraturan lalu lintas, walaupun tidak hanya pada saat Polri melakukan operasi tetapi tanamkan dalam diri sendiri bahwa mematuhi peraturan lalu lintas merupakan kunci utama dalam keselamatan lalu lintas serta dapat menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas, ” harapnya.

(Rat/Red)

Komentar